Ramadhan, Polda Metro Jaya Larang ‘Sahur on the Road’

 Ramadhan, Polda Metro Jaya Larang ‘Sahur on the Road’

Ilustrasi

Jakarta (MediaIslam.id) – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto melarang sejumlah kegiatan masyarakat menjelang dan saat Ramadhan 1445 Hijriah. Larangan itu tertuang dalam maklumat nomor: mak/0/III/2024 pada 13 Maret 2024.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menjelaskan, maklumat tersebut dikeluarkan dengan tujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat yang disalahgunakan sehingga dapat mengakibatkan terganggunya kegiatan umum, maka dilarang melakukan sejumlah kegiatan, ” kata Ade di Jakarta, Rabu (13/03).

Ade Ary menjelaskan kegiatan pertama yang dilarang yaitu, kegiatan berkonvoi kendaraan sebagaimana pasal 134 huruf g Undang-Undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

“Kedua, kegiatan bermain petasan atau kembang api sebagaimana Undang-Undang Darurat nomor 12 tahun 1951,” katanya.

Maklumat berikutnya yakni melarang kegiatan berkumpul atau berkerumun sambil menunggu berbuka puasa dan sahur (sahur on the road) yang dapat menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Gangguannya seperti balapan liar dan juga tawuran, ” kata Ade Ary.

Selanjutnya, Ade menambahkan jika ditemukan kegiatan seperti yang telah dilarang maka anggota Polda Metro Jaya dapat melakukan tindakan Kepolisian sesuai ketentuan Pasal 212 KUHP, Pasal 216 ayat (1) KUHP dan Pasal 218 KUHP.

Selain itu, mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan tersebut juga mengimbau masyarakat untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar puasa dapat berjalan aman dan nyaman.

“Mari kita sama-sama menjaga ibadah puasa Ramadhan supaya ibadahnya aman nyaman sehingga bisa beribadah dengan baik, ” ucapnya. [ANTARA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *