Pelajar Indonesia di Turkiye Gelar ‘Palestine Humanity Gathering’

 Pelajar Indonesia di Turkiye Gelar ‘Palestine Humanity Gathering’

Palestine Humanity Gathering di Istanbul, Turkiye.

Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Turki bersama berbagai organisasi diaspora masyarakat dan pelajar Indonesia di Turki mengadakan Palestine Humanity Gathering di Istanbul, Turki.

Acara yang diadakan di TUGVA Istanbul ini diselenggarakan pada Sabtu, 9 Maret 2024 dan dihadiri dua narasumber dari Indonesia, Asma Nadia dan Helvy Tiana Rossa. Dua bersaudara ini merupakan penulis dan produser tersohor di tanah air dan juga di dunia literasi Internasional.

Selain keduanya, hadir pula Turan Kışlakçı yang merupakan jurnalis asli Turki, juga Abdurahman Al-Farra yang merupakan Presiden Asosiasi Mahasiswa Palestina di Turki.

Acara yang diinisiasi oleh salah satu NGO Turkiye, Khair Way Foundation ini merupakan bentuk aksi kepedulian diaspora Indonesia di Turki kepada saudara-saudara kita di Palestina yang sedang dilanda bencana kemanusiaan sejak beberapa bulan terakhir.

Alasan utama dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk mengingatkan kita kembali betapa pentingnya untuk mengingat lagi saudara-saudara kita yang ada di Palestina.

Terutama pada awal bulan Ramdhan ini, mereka melaksanakan puasa dengan yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Saudara kita di Palestina membutuhkan bantuan untuk setidaknya meringankan perjuangan mereka berpuasa dalam kondisi genosida.

Puasa yang akan sangat berbeda tentunya dari puasa-puasa sebelumnya, maka diaspora Indonesia di Turki yang diinisiasi Khair Way Foudation bersama Asma Nadia mengadakan rangkaian acara untuk kembali merenungkan apa yang bisa kita perbuat untuk Palestina sekarang ini.

“Ini merupakan event pertama diaspora Indonesia di Turki mengenai isu Palestina yang diselenggarakan dengan kolaborasi lintas organisasi dan komunitas. Alhamdulillah respon peserta yang hadir dan yang tau kegiatan ini sangat positif. Kedepan semoga ada hal serupa yang berkelanjutan dan tindaklanjut lebih nyata dari event seperti ini”, ungkap Ridwan selaku Ketua Panitia Acara sekaligus perwakilan dari Khair Way Foundation.

Dalam acara yang terlaksana sehari penuh ini, terdapat tiga sesi acara. Pertama, Sesi Latihan Kepenulisan yang diisi langsung oleh Asma Nadia, seorang Penulis terkenal yang telah menerbitkan banyak novel dan dari novelnya banyak terbit film, diantara novelnya yang terkenal adalah “Surga yang tak dirindukan”.

Pada sesi pertama ini, ia menyampaikan betapa pentingnya menulis dan membuatkan karya, beliau juga menyampaikan rumus menulis cepat. Tidak lupa ia juga mengingatkan bahwa dalam menulis kita bisa membantu Palsetina, entah dari kandungan tulisan yang menceritakan sedikit tentang plaestina ataupun dengan menyumbangkan hasil penjualan.

Pada sesi kedua, ada talkshow Palestina yang diisi oleh 4 orang narasumber. Narasumber pertama adalah Helvy Tiana Rosa yang merupakan sosok Penulis internasional, pada kesempatan ini beliau hadir secara online dan menyampaikan bahwa Palestina ini adalah saudara kita, maka perlunya ada agenda seperti ini untuk terus mengingatkan kita bahwa Palestina perlu diperjuangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *