Dibantu UEA, Masjid Jami’ USK Siapkan 1300 Porsi Takjil Gratis Selama Ramadhan 1445 H

 Dibantu UEA, Masjid Jami’ USK Siapkan 1300 Porsi Takjil Gratis Selama Ramadhan 1445 H

Masjid Jami’ USK Banda Aceh.

Banda Aceh (MediaIslam.id) – Masjid Jami’ Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh menyediakan 1.300 porsi takjil gratis untuk berbuka puasa selama Ramadhan 1445 H. Ini merupakan bantuan dari Uni Emirat Arab (UEA) melalui Syekh Khalifah Al-Nahyan Foundation.

“Ada banyak bantuan yang diberikan dari yayasan tersebut, mulai dari pembangunan masjid, penyediaan sapi untuk meugang, paket sembako, dan makanan berbuka,” kata Ketua Penyelenggara Buka Puasa Masjid Jami USK Muhammad Irham di Banda Aceh, Jumat (15/03).

Syekh Khalifah Al-Nahyan Foundation merupakan yayasan yang didirikan Syekh Khalifah bin Zayed Al-Nahyan pada Juli 2007. Ia pernah menjabat sebagai Presiden ke-2 UEA selama 2004 hingga 2022.

Dosen Fakultas Kelautan dan Perikanan USK Muhammad Irham menyampaikan, derma tersebut didapatkan karena hubungan pertemanan dengan salah satu sultan di UEA.

“Kebetulan teman saya adalah salah satu sultan di UEA dan dia ingin bersedekah serta menjalin ikatan silaturahmi,” katanya.

Dirinya mengatakan bantuan dari Syekh Khalifah Al-Nahyan Foundation itu selanjutnya untuk mendirikan dapur umum guna menyiapkan takjil gratis di Masjid Jamik USK selama Ramadhan.

“Nominal bantuan pastinya tidak bisa disebutkan, karena ini amanah dari sultan, agar sedekah tidak dianggap ria,” ujarnya.

Kegiatan di dapur umum itu diisi oleh Badan Kemakmuran Masjid (BKM) beserta 200 mahasiswa yang menjadi relawan setiap hari, menyiapkan takjil gratis.

Ia menyebut mereka bekerja setiap hari dengan keikhlasan.

Menu buka puasa yang disediakan mulai dari hari pertama hingga hari ke-14 Ramadhan, yakni ayam gulai, ikan sambalado, gulai/kari bebek, ikan bakar, ayam rendang, ayam bakar, gulai ikan, gulai ikan dengan telur sambalado, dan soto daging/ayam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *