Pasang Penghalang Besi di Tiga Gerbang Masuk, Zionis Israel Halangi Akses Masuk ke Masjid Al-Aqsha

 Pasang Penghalang Besi di Tiga Gerbang Masuk, Zionis Israel Halangi Akses Masuk ke Masjid Al-Aqsha

Penampakan pagar besi saat pasukan Israel memasangnya di Gerbang Raja Faisal kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur pada 14 Maret 2024. [Foto: Anadolu Agency]

Ramallah (MediaIslam.id) – Polisi Israel pekan ini memasang penghalang di tiga gerbang menuju Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Tindakan Zionis Israel itu semakin menghalangi akses jemaah Muslim ke situs tersebut, menurut kantor berita Anadolu.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan, Departemen Wakaf Islam di kota Yerusalem yang diduduki mengatakan penghalang besi dipasang di gerbang Raja Faisal, Al-Ghawanmeh dan Al-Hadid.

Departemen Wakaf Islam menggambarkan tindakan Israel tersebut sebagai “berbahaya dan belum pernah terjadi sebelumnya”.

Kementerian Luar Negeri Palestina juga mengutuk keras Israel karena memasang penghalang besi di tiga gerbang masuk menuju Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Dalam pernyataannya, Kamis (14/03) lalu, kementerian mengatakan tindakan Israel tersebut adalah upaya untuk mengubah realitas sejarah, hukum, dan politik Masjid Al-Aqsa.

Mereka menganggap pemasangan penghalang besi sebagai pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional dan hal yang pasti Israel lakukan sebagai kekuatan pendudukan terhadap tempat ibadah.

Kementerian meminta bantuan masyarakat internasional “untuk menghentikan pelanggaran Israel terhadap Yerusalem dan tempat-tempat suci umat Kristen dan Muslim.”

Kelompok pejuang Palestina, Hamas, juga mengecam tindakan Israel tersebut dan mengatakan hal itu adalah “usaha keji” untuk mencegah jamaah mencapai Masjid Al-Aqsa selama bulan Ramadhan. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *