Keutamaan Puasa Arafah 9 Zulhijjah

 Keutamaan Puasa Arafah 9 Zulhijjah

Ilustrasi: Jemaah haji menaiki Bukit Jabal Rahmah saat Wukuf di Arafah.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi saw melarang puasa hari ‘Arafah di ‘Arafah. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Ibnu Majah, HR. Ibnu Khuzaimah dan Al-Hakim, dan dishahihkan oleh keduanya).

Orang yang berhaji di ‘Arafah disunnatkan untuk tidak berpuasa berdasarkan hadits-hadits shahih, di antaranya yaitu:

Dari ummul Fadhl radhiyallah ‘anha, ia berkata, “Orang-orang ragu pada puasa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pada hari ‘Arafah, maka ia mengirim susu kepada Rasulullah, maka beliau minum, sedangkan beliau dalam keadaan berkhutbah di ‘Arafah.” (Muttafaqun ‘alaih).

Dari Ibnu Abbas, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak puasa di ‘Arafah, dan ummu Fadhal mengirim kepadanya susu, maka beliau minum. (HR. At-Tirmizi).

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: “Aku berhaji bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam namun beliau tidak berpuasa yakni hari ‘Arafah, bersama Abu Bakar namun beliau tidak berpuasa, bersama Umar, namun beliau tidak berpuasa, bersama Usman namun beliau tidak berpuasa.” (HR. At-Tirmizi).

Dalam riwayat lain dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma ada tambahan, “Aku tidak berpuasa hari ‘Arafah, aku tidak memerintahkannya dan aku tidak melarangnya.” (HR. At-Tirmizi).

Dari Uqbah bin ‘Amir radhiyallahu “anhu ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Hari ‘Arafah, hari Nahr, dan hari-hari Tasyriq adalah hari raya kita orang-orang Islam yaitu hari makan dan minum.” (HR. Al-Khamsah kecuali Ibnu Majah, dan dishahihkan oleh At-Tirmizi).

Berdasarkan hadits-hadits di atas, maka hukum berpuasa bagi orang yang berhaji di Arafah adalah makruh. Inilah pendapat jumhur ulama, di antara mereka yaitu imam Malik, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan lainnya. (Taudhihul Ahkam min Bulughil Maram: 530).

Yang paling utama bagi orang yang berhaji untuk tidak berpuasa pada hari ‘Arafah mengikuti Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para khalifahnya (Abu Bakar, Umar, dan Usman), karena padanya penguatan untuk berdoa dan zikir pada saat wukuf. Inilah pendapat jumhur ulama. (Al-Majmu’: 6/380, At-Tamhid: 21/158, dan Syarhu ‘Umdah Ahkam karangan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah,

Imam At-Tirmizi menulis judul bab dengan “Bab Apa Yang Datang Dalam Keutamaan Puasa ‘Arafah” dengan meriwayatkan hadits di atas pada bab ini. Lalu ia berkomentar, “Para ulama menganjurkan puasa hari Arafah kecuali bagi orang yang berhaji di ‘Arafah.” (Sunan At-Tirmizi: 170).

Selanjutnya beliau menulis judul bab dengan “Bab Makruhnya Berpuasa hari ‘Arafah di ‘Arafah” dan meriwayatkan hadits hadits Ibnu Abbas dan hadits Ibnu Umar radhiyallahu anhum di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × three =