Ditjen PHU Edukasi Gerakan 5 Pasti Umrah di Ruang Publik

 Ditjen PHU Edukasi Gerakan 5 Pasti Umrah di Ruang Publik

Palembang, Mediaislam.id–Maraknya penipuan yang dilakukan sejumlah oknum travel umrah kerap kembali terulang, membuat Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama semakin gencar melakukan sosialiasasi Gerakan 5 Pasti Umrah.

Gerakan 5 Pasti Umrah tersebut meliputi PASTIKAN Travel Umrah Berizin Kemenag, PASTIKAN Tiket Pesawat dan Jadwal Penerbangan, PASTIKAN Harga dan Paket Layanannya, PASTIKAN Akomodasi (Hotel) selama berada di Arab Saudi, serta PASTIKAN Visanya.

Kabag Perencanaan dan Humas Ditjen PHU Alam Agoga Hasibuan menilai sosialisasi saat ini tidak bisa dilakukan hanya dengan mengadakan kegiatan saja tetapi juga harus terjun langsung ke masyarakat melalui ruang-ruang publik melalui penyebaran selebaran (leaflet/flyer)

“Sosialisasi tidak hanya berbentuk kegiatan, tetapi kita juga harus masif menjemput bola langsung terjun ke ruang-ruang publik,” jelas Alam Agoga saat ditemui di Palembang, Sumatera Selatan. Sabtu (12/8/2023).

Edukasi masyarakat diruang publik tersebut, kata Alam dirasa sangat efektif karena bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat khususnya calon jemaah umrah yang ingin mendaftar.

“Ruang publik yang akan disasar Kemenag antara lain masjid, pasar, ataupun mall, dan pilot project pertama kita laksanakan di Kota Palembang ini,” jelasnya.

Sub Koordinator Informasi dan Humas Ditjen PHU Tree Agung Nugroho mengatakan Kemenag terus menggencarkan Gerakan 5 Pasti Umrah ini sebagai bentuk negara hadir dalam melindungi warga negara Indonesia khususnya jemaah umrah yang ingin beribadah ke Tanah Suci.

“Gerakan ini merupakan bentuk negara hadir dalam memberikan perlindungan warganya dalam beribadah umrah,” terang Agung sapaan akrabnya.

Deni, salah seorang warga Palembang saat ditemui di Masjid Raya Palembang mengapresiasi langkah yang dilakukan Kemenag dengan menjemput bola ke masyarakat, dengan terjun langsung diharapkan pesan yang akan dituju akan sampai ke calon jemaah umrah.

“Bagus sekali ya, kita juga bisa berhati-hati dalam memilih travel,” kata Deni.

Arid Mulyono seorang backpacker yang saat ini sedang menuju Timur Tengah dengan mengendarai sepeda bersama sang istri. Arid menyampaikan siap mensosialiasaikan gerakan 5 pasti umrah selama perjalanannya diwilayah Indonesia.

“InsyaAllah nanti sekalian kita sosialisasikan selama perjalanan di Indonesia,” kata Arid.*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *