Menghadap Allah dengan Jiwa yang Tenang

 Menghadap Allah dengan Jiwa yang Tenang

Ilustrasi: Shalat Iduladha 1443 H di JIS, Jakarta Utara.

DUNIA ini hanyalah ruang ujian. Ruang cobaan yang berisi berbagai persoalan yang harus kita selesaikan. Yang berhasil lulus di antara kita adalah orang-orang yang benar menjawab dan memiliki banyak bekal dalam mempersiapkan perjumpaannya dengan Allah Swt. Lalu, apakah sebenarnya bekal terbaik menghadap Allah Swt?

Allah Ta’ala berfirman dalam Qs. Al-Fajr ayat 27-30:

يٰٓاَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَىِٕنَّةُۙ ارْجِعِيْٓ اِلٰى رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً ۚ فَادْخُلِيْ فِيْ عِبٰدِيْۙ وَادْخُلِيْ جَنَّتِيْ ࣖࣖ

“Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku, masuklah ke dalam syurga-Ku.”

Pada ayat di atas, ada jiwa dari manusia yang mendapatkan panggilan kehormatan dari Allah Swt. Jiwa itu adalah jiwa yang tenang atau an-nafsul muthmainnah. Jiwa yang Allah panggil karena hati mereka yang selalu rida kepada Allah dan Allah pun meridai mereka.

Mencapai jiwa yang tenang ini tidaklah mudah. Ada beberapa tingkatan jiwa manusia yang digolongkan oleh para ulama yaitu:

1. Jiwa yang buruk dan dikuasai oleh amarah atau yang dikenal dengan an-nafsul amarah bissu’.

2. Jiwa yang labil atau dikenal dengan an-nafsul lawamah. Yaitu jiwa yang selalu menghinakan dirinya sendiri. Tidak punya pendirian dalam kebenaran dan tidak istiqomah. Pagi beriman, di malam hari kembali kafir.

3. Jiwa yang sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Jiwa ini dikenal sebagai an-nafsul mulhimah atau an-nafsul malhamah. Yaitu jiwa yang sudah bisa membedakan mana yang fujur (buruk) dan mana yang takwa. Tahu dimana lingkungan jahat dan dimana lingkungan yang takwa. Mana yang harus dijauhi dan mana yang harus didekati; atau bahkan ditekuni. Jiwa seperti ini adalah jiwa yang sudah mengerti kemana akan berjalan dalam kehidupan.

4. Tingkat selanjutnya barulah yang disebut sebagai an-nafsul muthmainnah yaitu jiwa yang pada hari kiamat tenang batin dan jiwanya. Tidak ada rasa takut dan tenang menghadapi berbagai kejadian di Yaumul Hisab yang mengerikan. Karena, imannya yang lurus dan amalannya yang saleh sesuai dengan tuntunan Rasul-Nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + sixteen =