Ketua MUI: Setop Bullying dengan Penguatan Akhlak

 Ketua MUI: Setop Bullying dengan Penguatan Akhlak

KH Cholil Nafis

Jakarta (Mediaislam.id) – Penguatan akhlak bangsa merupakan langkah antisipatif terhadap fenomena maraknya bullying.

Hal ini disampaikan Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, PhD, dalam kegiatan yang diselenggarakan Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa (PDPAB) MUI Pusat yang bertahyk “Generasi Anti Bullying dengan Akhlakul Karimah”.

Menurut pria yang akrab disapa Kiai Cholil ini, terdapat beberapa poin penting untuk mengantisipasi bullying. “Anak-anak harus kuat dan percaya diri serta memiliki kemampuan untuk tidak terpengaruh oleh bullying” terangnya di Jakarta, Rabu lalu (13/3/2024).

Dia menyebutkan bahwa perlu memberikan ketangguhan dan keteladanan pada anak, termasuk mendoakan anak sebagai cerminan kasih sayang.

“Selain itu, lingkungan hatus dapat memberikan tindakan yang tepag untuk melindungi anak-anak dari bullying” tegasnya.

Sementara itu, Ketua PDPAB MUI, KH Masyhuril Khamis menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Pengurus PDPAB MUI untuk memberi solusi melalui pendekatan akhlakul karimah.

“Kami ingin ambil bagian untuk memberikan solusi pada beberapa fenomena yang akhir-akhir ini menggejala, dari bullying hingga bunuh diri karena menurunnya spiritual akhlak bangsa.” Pungkasnya.

Kegiatan ini menghadirkan para guru Bimbingan Konseling Konseling perwakilan dari MTsS/SMPN/MTsN, MAN/MAS/SMAN Se-DKI Jakarta. Harapannya, melalui kegiatan ini dapat terjalin sinergi dalam menjadikan Duta Akhlak Bangsa dan kerjasama dengan Kementerian Agama.

sumber: muidigital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *