Generasi Cerdas, Yuk Perbanyak Literasi Islam!

 Generasi Cerdas, Yuk Perbanyak Literasi Islam!

Ilustrasi

BAGAIMANA liburannya sobat? Semakin taat atau maksiat nih? Semoga senantiasa berada dalam ketaatan yaa. By the way, liburan gini biasanya lebih banyak ngapain ya? Pada inget sekolah ga ya?

Biasanya kalau liburan gini lebih banyak lupa sekolah dan belajar pastinya ya? Semoga ini tidak berkelanjutan sampai nanti udah waktunya masuk sekolah ya…

Ngomongin masalah belajar, pastinya kita nggak jauh dari yang namanya buku dan literasi. Dengan rajin belajar dan membaca literasi, kita bakal mengetahui banyak informasi yang sebelumnya kita nggak tahu.

Tapi, faktanya masih banyak nih ya sob diantara kita yang males banget namanya baca literasi. Kalau baca chat betah banget, apalagi baca novel dan nonton drama romantis bisa semaleman juga masih kuat. Astaghfirullah….

Bagaimana generasi hari ini cerdas dan maju kalau membaca saja sudah bukan menjadi budaya. Terlebih, rusaknya generasi hari ini karena malas belajar dan mengkaji Islam. Mereka menganggap bahwa aktivitas yang membuat mereka bahagia dan keren adalah nge-game. Miris banget kan sob.

Terus, harus seperti apa sih generasi cerdas itu? Generasi cerdas adalah mereka yang senantiasa belajar dan terus mengkaji pengetahuan, baik pengetahuan umum dan terlebih pengetahuan Islam. Emang sepenting apa sih membangun kebiasaan literasi? manfaatnya apa aja? Teruss dari mana mulainya?

Waah ternyata banyak generasi hari ini yang belum tau ya tentang pentingnya membangun kebiasaan literasi, bahkan Fakta pertama, UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma satu orang yang rajin membaca, buset dah segitunya ya kita menyepelekan kebiasaan baik ini

Padahal manfaat dari sering membaca atau literasi banyak sekali looh, berikut manfaat karena kita sering membaca; pertama, pastinya bakal menambah perbendaharaan kata “kosa kata” seseorang. Kedua, mampu mengoptimalkan kinerja otak karena sering digunakan untuk kegiatan membaca dan menulis.

Ketiga, mendapat berbagai wawasan dan informasi baru. Keempat, kemampuan interpersonal seseorang akan semakin baik. Selain itu, kemampuan memahami makan suatu informasi akan semakin meningkat. Kelima, mampu meningkatkan kemampuan verbal seseorang. Keenam, mampu meningkatkan kemampuan analisis dan berpikir seseorang. Terakhir, mampu membantu meningkatkan daya fokus dan kemampuan konsentrasi seseorang.

Masyaallah banyak banget yah ternyata kaya akan manfaat dengan senang membaca dan memperbanyak literasi.

Lalu, bagaimana sih supaya kita tetap konsisten dalam membangun diri dengan membaca dan memperkaya literasi? Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan nih sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *